yours information better for life

Selasa, 11 April 2017

kunci jawaban pkn halaman 141



Selamat datang di blog sabarya.com http://www.sabarya.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban pkn halaman 141", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin sabarya.com




Admin sabarya.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "kunci jawaban pkn halaman 141" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog sabarya.com. semoga bermanfaat...


kunci jawaban pkn halaman 141

kunci jawaban pkn halaman 141,jawaban buku pkn kelas 12 kurikulum 2013 (uji kompetensi bab 4),kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 114,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 128,persamaan konsep hak asasi hak warga negara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 126,kunci jawaban pkn halaman 177,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 139,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 136

kunci jawaban pkn halaman 141

kunci jawaban pkn halaman 141,jawaban buku pkn kelas 12 kurikulum 2013 (uji kompetensi bab 4),kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 114,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 128,persamaan konsep hak asasi hak warga negara kewajiban asasi dan kewajiban warga negara,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 126,kunci jawaban pkn halaman 177,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 139,kunci jawaban pkn kelas 12 halaman 136

1.       Jelaskan konsep hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga negara. Uraikan perbedaan dan persamaan konsep-konsep tersebut.

Jawaban :
-           Hak adalah hak yang melekat pada diri setiap oarang. Hak asasi sifatnya universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan seseorang. Hak warga negara dibatasi oleh status kewarganegarannya. Konsep misalnya hak setiap warga negara untuk menduduki jabatan dalam Pemerintahan Republik Indonesia adalah hak asasi warga negara Indonesia.

-          Kewajiban adalah kewajiban dasar setiap orang. Kewajiban asasi terlepas dari status kewarganegaraan yang memiliki oleh orang tersebut. Kewajiban warga negara dibatasi oleh status kewarganegaraan seseorang. Konsep misalnya, di Indonesia menghormati hak hidup merupakan kewajiaban setiap orang terlepas apakah ia warga negara indonesia atau bukan.

2.       Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Jawaban :

§  Hak atas kewarganegaraan
§  Kesamaan kendudukan dalam hukum dan pemerintahan
§  Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
§  Hak dan kewajiban bela negra
§  Kemerdekaan bersrikat dan berkumpul

3.       Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingakaran kewajiban warga negara, baik yang bersifat internal maupun eksternal?

Jawaban :

-          Siakap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri
-          Rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara
-          Sikap tidak toleran

4.       Menurut kalian, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam mmecahkan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Jawaban : Meningakatkan penyebarluasan prinsip-prinsip kesadaran bernegara kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal maupun non-formal.

5.       Bagaimana cara kalian menghindari pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban dalam kehidupan seharai-hari

Jawaban : Meningkatkan kerja sama ya harmonis antar siswa atau dalam keluarga agar mampu saling memahami dan menghormati keyakinan dan pendapat masing-masing

kunci jawaban pkn halaman 141

1.Jelaskan konsep hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga negara. Uraikan perbedaan dan persamaan konsep-konsep tersebut.

Jawaban :

Hak asasi, hak warga negara, kewajiban asasi dan kewajiban warga merupakan konsep yang selalu melekat dalam diri setiap individu manusia. Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap pribadi manusia. Karena itu, hak asasi manusia berbeda dari pengertian hak warga negara. Hak warga negara merupakan seperangkat hak yang melekat dalam diri manusia dalam kedudukannya sebagai anggota dari sebuah negara. Hak asasi sifatnya universal, tidak terpengaruh status kewarganegaraan seseorang. Akan tetapi, hak warga Negara dibatasi oleh status kewarganegaraannya. Dengan kata lain, tidak semua hak warga negara adalah hak asasi manusia, akan tetapi dapat dikatakan bahwa semua hak asasi manusia juga merupakan hak warga negara, misalnya hak setiap warga negara untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan Republik Indonesia adalah hak asasi warga negara Indonesia, tidak berlaku bagi setiap orang yang bukan warga negara Indonesia.

Kewajiban asasi merupakan kewajiban dasar setiap orang. Dengan kata lain, kewajiban hak asasi terlepas dari status kewarganegaraan yang dimiliki oleh orang tersebut. Sementara itu, kewajiban warga negara dibatasi oleh status kewarganegaran seseorang, akan tetapi meskipun demikian konsep kewajiban warga Negara memiliki cakupan yang lebih luas, karena meliputi pula kewajiban asasi. Misalnya, di Indonesia menghormati hak hidup merupakan kewajiban setiap orang terlepas apakah ia warga negara Indonesia atau bukan, sedangkan kewajiban bela negara hanya merupakan kewajiban warga negara Indonesia saja, sementara warga Negara asing tidak dikenakan kewajiban tersebut.

2.Kemukakan hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Jawaban :

Hak dan kewajiban warga negara yang terdapat dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di antaranya sebagai berikut.

Hak Warga Negara
Kewajiban Warga Negara
·         Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan Pasal 27 Ayat (2)
·         Hak untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara, Pasal 27 ayat (3)
·         Hak untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan, Pasal 28
·         Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan, Pasal 28 D Ayat (3)
·         Hak untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu, Pasal 29 Ayat (2)
·         Hak untuk ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, Pasal 30 Ayat (1).
·         Hak mendapat pendidikan, Pasal 31 ayat (1)
·         Hak untuk memelihara dalam mengembangkan nilai-nilai budayanya, Pasal 32 ayat (1)
·         Hak mendapatkan perlindungan kesejahteraan social Pasal 34
·         Menjunjung hukum dan pemerintahan , Pasal 27 Ayat (1)
·         Menghormati hak asasi warga negara lainnya Pasal 28 J ayat (1)
·         ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Pasal 30 ayat (1)
·         Mengikuti pendidikan dasar Pasal 31 ayat (2)
·         Ikut serta dalam upaya pembelaan negara Pasal 27 Ayat (3)

3. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, baik yang bersifat internal maupun eksternal?

Jawaban :

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

a. Faktor internal, yaitu dorongan untuk melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara yang berasal dari diri pelaku, di antaranya adalah:

1) sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri.
2) rendahnya kesadaran hukum warga negara, dan
3) sikap tidak toleran.

b. Faktor Eksternal, yaitu faktor-faktor di luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melakukan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara, diantaranya sebagai berikut:

1) penyalahgunaan kekuasaan,
2) ketidaktegasan aparat penegak hukum ,
3) penyalahgunaan teknologi, dan
4) kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

4. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan Pemerintah dalam memecahkan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.

Jawaban : 

a. Penegakkan supremasi hukum
b. Meningkatkan kesaradan hukum masyarakat melalui pendidikan
c. Peningkatkan kualitas aparat penegak hukum
d. Meningkatkan kesejahteraan warga Negara

5. Bagimanakah cara kalian untuk menghindari pelanggaran terhadap hak orang lain dan pengingkaran terhadap kewajiban dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban :

a. Patuh pada aturan yang berlaku
b. Meningkatkan rasa simpati dan empati kepada orang lain
c. Menghindarkan diri dari berbagai perilaku yang berpotensi mendorong terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara
d. Selalu disiplin dalam segala hal


Terimakasih atas kunjungan anda ke blog sabarya.com http://www.sabarya.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "kunci jawaban pkn halaman 141" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog sabarya.com. semoga bermanfaat...

Admin sabarya.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : kunci jawaban pkn halaman 141

0 komentar:

Posting Komentar